Senin, 13 Maret 2023

Mencegah Anak Bermain Saat Setan Berkeliaran

Nabi Saw bersabda:

إِذَا اسْتَجْنَحَ اللَّيْلُ أَوْ قَالَ جُنْحُ اللَّيْلِ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ الْعِشَاءِ فَخَلُّوهُمْ وَأَغْلِقْ بَابَكَ وَاذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ وَأَطْفِئْ مِصْبَاحَكَ وَاذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ وَأَوْكِ سِقَاءَكَ وَاذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ وَخَمِّرْ إِنَاءَكَ وَاذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ تَعْرُضُ عَلَيْهِ شَيْئًا

"Jika malam sudah datang atau sabda beliau, malam sudah gelap, maka tahanlah anak-anak kalian karena pada saat itu setan sedang berkeliaran. Jika telah berlalu beberapa saat dari waktu 'Isya', bolehlah kalian biarkan mereka, dan tutuplah pintu rumah dan sebutlah nama Allah, dan padamkanlah lampu-lampumu dan sebutlah nama Allah, dan tutuplah tempat minum serta bejanamu, walaupun engkau hanya sekedar melintangkan sesuatu di atasnya, dan sebutlah nama Allah". (HR al-Bukhari, Abu Dawud, dan Ahmad).

Tidaklah sekali-kali pesan-pesan ini dicanangkan melainkan karena perhatian Islam yang sangat dalam kepada umatnya. Bahwa tidaklah sekali-kali Islam membiarkan sesuatu yang mengandung kebaikan bagi kita, kecuali pasti menunjukkan dan membimbing kita kepadanya. Dan tidaklah sekali-kali Islam membiarkan sesuatu yang di dalamnya terkandung keburukan melainkan mencegah dan memperingatkan kita terhadapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar